SOSIALISASI DAN BIMBINGAN TEKNIS APLIKASI SIDALI (SISTEM KENDALI) BIAYA DAN PIUTANG PASIEN DI RSUD PREMBUN
SOSIALISASI DAN BIMBINGAN TEKNIS APLIKASI SIDALI (SISTEM KENDALI) BIAYA DAN PIUTANG PASIEN DI RSUD PREMBUN
SIDALI merupakan aplikasi yang memberikan informasi data biaya dan piutang pasien secara cepat dan realtime. RSUD Prembun sebagai salah satu fasilitas pelayanan kesehatan , dalam memberikan pelayanan kesehatan harus tetap mengutamakan kepentingan publik dan menjalankan fungsi sosialnya. Semakin berkembangnya RSUD Prembun juga sebanding dengan semakin meningkatnya layanan. Oleh karena itu, diperlukan biaya operasional yang besar dalam kegiatannya, sehingga perlu didukung dengan ketersediaan pendanaan yang cukup dan berkesinambungan.
RSUD Prembun sebagai BLUD diberikan fleksibilitas dalam pengelolaan keuangannya. Rumah sakit memerlukan biaya operasional yang besar dalam pelaksanaan kegiatannya, sehingga diperlukan efektivitas dan efisiensi dalam pengelolaan keuangan. SIDALI sebagai salah satu solusi inovasi dalam pengendalian biaya dan piutang pasien agar dapat dilakukan secara cepat dan realtime.
Manfaat yang diharapkan dari adanya SIDALI yaitu :
1. Meningkatnya efisiensi dan mencegah pemborosan atas biaya biaya yang dikeluarkan tanpa mengurangi mutu pelayanan
2. Mengurangi besarnya piutang dari pasien yang tidak membayar biaya pelayanan sehingga dapat meningkatkan pendapatan rumah sakit
Implementasi SIDALI dapat berjalan dengan dukungan dan keterlibatan dari banyak pihak. Oleh karena itu, telah dilaksanakan Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Pengendalian Biaya dan Piutang Pasien melalui “SIDALI” di RSUD Prembun.
Sosialisasi SIDALI :
Dilaksanakan pada tanggal 5 Juni 2024 dan dihadiri oleh Direktur, Pejabat Struktural RSUD Prembun, Ketua Komite Medik, Ketua Komite Mutu, , Manajer Pelayanan Pasien, Kepala Instalasi Rawat Inap, Kepala Instalasi Rawat Jalan , dan Bendahara Penerimaan
Bimbingan Teknis SIDALI :
Dilaksanakan pada tanggal 8 Juni 2024 dan dihadiri peserta dari Koordinator rawat jalan, perwakilan Kepala Ruang, Manajer Pelayanan Pasien, perwakilan perawat Poli Rawat jalan, Bendahara penerimaan, dan Analis Pembayaran Jaminan Kesehatan.